Wednesday, December 24, 2008

Anatomi Fisiologi Sistem Persyarafan

SISTEM PERSYARAFAN
NEURON
Sistem syaraf terdiri dari neuron/sel-sel syaraf dari sel penyokong (neroglia dan sel schwan). Tedapat sekitar 100 milyar sel syaraf dalam sistem persyarafan. Neuron merupakan sel-sel sistem sysraf yang menerima masukan sensori/aferen dari ujung syaraf perifer/dari organ reseptor sensori dan menyalurkan mesuka motorik/masukan eferen keotot dan kelenjar-kelenjar yaitu organ2 efektor. sel syaraf memiliki Exitability (kemampuan merespon stimulus) dan conductivity (kemempuan menghantarkan sinyal).
Syaraf pusat memiliki sel penyokong yang disebut dengan Neuroglia yang merupakan penyokong atau pelindung, sumber nutrisi bagi neuron otak dan spinalis. Diluar susunan syaraf pusat yaitu disyaraf perifer sel schwan merupakan penyokong, pelindung. sumber nutrisi bagi neuron.
Sistem syaraf terdiri atas Sistem Syaraf Pusat dan Sistem Syaraf Perifer. Sistem syaraf pusat terdiri dari medula spinalis sedangkan susunan syaraf perifer terdiri dari aferen dan eferen somatis dan aferen dan aferen otonom visceral.




















































Bagian-bagian Neuron
Secara struktur anatomis, neuron terdiri atas badan sel/soma/perikaryon. Neron memiliki nukleus yang besar dengan nukleolus yang menonjol. Nukleus berperan dalam metabolisme, pertumbuhan dan perbaikan neuron. terdapat organel lain dalam neuron seperti subtansi chromatophilik (badan nissl), Retikulum endoplasma, Metokondria, Neurofilamen,/mikrofilamen, Neurotubulus dan aparatus golgi.
Subtansi Cromatofilik akan membentuk RE dan ribosom. Subtansi chromatofilik mengandung RNA dan memproduksi protein. Protein diproduksi pada Retikulum Endoplasma yang beribosom dan protein yang telah terbentuk akan masuk kesaluran yang ada dodalam Retikulum Endoplasma dan diteruskan kebadan golgi dan disalurkan kelisosom, vesikel yang mengandung precursor neurotransmiter dan vesikel lain yang mengandung protein untuk mengganti kerusakan membran.
Neurotubulus berperan dalam transpor protein dan subtansi lain intraseluler dari badan sel sampai keujung bagian syaraf. Neurofilamen/mikrofilamen: merupakan tubulus dengan subtansi semirigit sehingga memberikan “skeletal framework) pada akson.
Dendrit dapat dieksitasi oleh eksitatory sinap dan dapat dihambat oleh inhibitory sinaps, menghantarkan sinaps kebadan sel. Sitoplasma dari akson disebut dengan akson hillock dan dilanjutkan dengan bagian tipis setelah akson hillock disebut dengan intial segment.
Akson ada yang memiliki cabang dan percbangannya disebut dengan cabang collateral. bagian tipis pada ujung akson disebut dengan telodendria. Percabangan dari telodendria yang membentuk gembungan tipis disebut dengan end bulbs atau synaptic boutons. Akson ada yang ditutupi atau dilapisi dengan myelin dan akson seperti ini disebut dengan myelined fiber (serabut bermyelin). Pda sel syaraf perifer myelin dibentuk oleh sel schwan /neurolomocyt. Bagian terluar dari sel ini disebut dengan neurolimma atau schwan shet. Myelin pada akson di SPP dibentuk oleh oligodendroglia.
Akson yang bermielin memiliki lapisan myelin yang terkotak-kotak dandibatasi dengan lekukan yang disebut dengn Neurofibril nodes dan jarak atar nodus ini disebut dengan internodus. Myelin pada setiap internodus dibentuk oleh satu neurolemmocyt. Myelin memberikan kecepatan hantaran impuls yang lebih tinggi dari pada neuron yang tidak bermyelin.
Serabut syarap yang idak memiliki myelin disebut dengan unmyelinated fiber atau serabut tak bermyelin. Pada syaraf perifer sekirar 5-20 neuron yang tak bermyelin dtutupi oleh neurolomocyt yang melekuk kedalam, Serabut tak bermyelin selalu dilindung dan diperkaya dengan nutrisi oleh jaringan organ tempatnya berada. Kumpulan badan sel dari neuron SSPrfr disebut dengn ganglio.

Berdasarkan ungsinya, neuron dapat dibedakan menjadi:
1. Afferen/sensory neuron: menghantarkan impuls dari reseptor ke SSP
2. Efferen/motor neuron membawa sinyal dari SSP ke efektor (otot dan kelenjar)
3. Interneuron/associationneurons/connector/internuncial neuron: menghantarkan impuls dari sensori neuron kemotor neuron dan memproses informasi yang masuk. Interneuron dengan akson yang panjang disebut dengan relay neuron untuk menghantarkan sinyal dalam jarak yang cukup jauh. Interneuron dengan akson yang pendek biasanya bercabang disebut dengan circuit neurons yang menghantarkan sinyal secara local pada jarak yang pendek. Banyak berperan dalam proses belajar, emosi, dan bahasa. Fungsi yang kompleks seperti belajar dan mengingat sangat tergantung pada ribuan local circuit neuron. kegiatan yang simple atau releks hanya sedikit melibatkan interneuron atau bahkan tidak sama sekali, tetapi langsung antara neuron sensori dengan akson motorik.
Secara Umum neuron dapat diklasifikkasikan kedalam:
1. General somatic afferent: Membawa sinyal dari kulit, otot volunteer, sendi, jaringan ikat, kesusunan syaraf pusat (SPP).
2. General somantic efferent : Membawa sinyal dari SPP ke otot2 volunter /otot skeletal, membawa sinyal keotot2 yang dari perjalanan embrioniknya terbentuk dari massa sel yang disebut dengan myotoma.
3. General visceral efferent: Membawa sinyal dari SPP ke jantung, otot polos, dan kelenjar, merupakan serabut dari system syaraf otonom.
4. Special visceral efferent: Membawa impuls dari SSP ke otot-otot volunteer yg dari perjalanan embrionik tersusun atas sel bukan myotoma. Otot ini ditemukan pada otot2 wajah untuk ekspresi, otot rahang faring dan laring.
5. Spesial afferent: Membawa sinyal dari reseptor penciuman, pendengaran, penglihatan, keseimbangan dan pengecapan ke SSP
Berdasarkan Strukturnya neuron dapat dibedakan menjadi:
1. Neron Multipolar
2. Neuron bipolar
3. Neuron unipolar
Neuron yang tidak memilii akson disebut Unaxonal neurons.
Segmen fungsional pada neurons:
1. Segmen Reseptif: menerima impuls dari sinaps /ujung syaraf dan diproses untuk disampaiakan keinisial segmen yang merupakan persambungan antara badan sel dengan akson /axon hillock
2. Segmen Inisial: memproses informasi dari segmen reseptif diubah menjadi impuls syaraf
3. Segmen Konduksi: Menghantarkan impuls sepanjang sel syaraf/akson keujung syaraf
4. Segmen Transmisif: Merubah potensial aksi untuk melepaskan neurotransmitter di sinaps, Neurotransmitter tsb akan mempengaruhi sel effektor.
SEL TAMBAHAN PADA SISTEM SYARAF
Neuroglia/sel-sel Penyokong pada SSP.
Neuroglia tidak menghantarkan sinyal/impuls, 40% dari volume otak dan medulla spinalis merupakan neuroglia. Jumlah neuroglia lebih banyak dari neuron. Terdiri dari Mikroglia, Ependima, Astroglia dan oligodendroglia.
1. Mikroglia: bersifta fagosit, mencerna syaraf-syaraf yang rusak dan untuk pertahanan terhadap imfeksi
2. Ependima: Berperan dalam reproduksi CSF, merupakan epitel dari pleksus koroideus ventrikel otak
3. Astroglia/astrosit: Memberikan cadangan nutrisi bagi neuron
4. Oligodendroglia: Mengahasilkan myelin SSP
Peripheral Glial Cells/Sel Penyokong di Susunan Syaraf Perifer
1. Sel Satelit: membentuk kapsul yang mengelilingi badan sel syaraf perifer,
2. Neurolemmocyte: Menghasilkan myelin di Susunan Syaraf Perifer

Degenerasi dan Regenerasi Serabut Syaraf
Pada beberapa syaraf perifer dapat melakukan regenerasi jika badan sel tidak mengalami kerusakan dan neurilemma nya masih intak. Saat syaraf perifer terpotong motor neuron mampu meregenerasi aksonnya dan sensori mampu meregenerasi dendritnya.
Proses Regenerasi
Badan sel membesar dan subtansi kromatophilik meningkatkan aktifitasnya untuk menghasilkan ekstra protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan cabang baru yang disebut dengan terminal sprouts (tunas) dari bagian proksimal akson yang masih tersambung dengan badan sel. Neurolomocyt dibagian distal membelah diri dan menyusun diri membentuk neurolemma yang sambung menyambung sampai keujung syaraf. satu serabut syaraf dapat membentuk sekitar 50 tunas yang akan terus tumbuh sepanjang neurolemma dengan petunjuk arahnya adalah lamina basalis dari masing2 sel neurillemma. Proses regenerasi dari tunas ini akan berakhir sampai dengan ujung2 syaraf dapat melakukan fungsi fisiologisnya. Tunas yang telah sempurna menjadi bermyelin. Proses ini berjalan bulanan sampai dengan tahunan.
Regenerasi di SSP
Akson yang rusak di SSP tidak dapat bergenerasi (kecuali pada beberapa kasus seperti di hipotalamus, akson tak bermyelin yang mengandung neurotransmitter dopamine dan norepineprin). Tiga alasan dari ketidakmampuan beregenerasi trs adalah:
1. Tunas tidak dapat meningkat jaringan scar glia tersebut pada area injuri
2. Tidak adanya lamina basalis pada SSP untuk menuntun regenerasi serabut
3. Oligodendroglia tidak membentuk Continous cord

FISIOLOGI NEURON
Potensial Membran Istirahat
Potensial membrane saraf sewaktu istirahat adalah -90 mVolt, artinya potensial didalam sel -90 mVolt lebuh negative dari pada potensial didalam cairan ekstraseluler.
Potensial Aksi
1. Tahap Istirahat : Membran diaktakan menjadi terpolarisasi selama setiap ini karena adanya potensial membrane negative yang besar
2. Tahap depolarisasi: Pada tahap ini membrane tiba-tiba permeable terhadap ion natrium sehingga banyak sekali ion natrium bermuatan positif mengalir kedalam akson sehingga muatan didalam sel menjadi kurang negative bahkan sampai dengan mendekati nol sehingga terjadi depolarisasi.
3. Tahap Repolarisasi: Dalam waktu sepeberapa puluh ribu detik sesudah membrane menjadi sangat permeable thd ion Na, saluran Na mulai tertutup dan saluran kalium terbuka dan kalium mengalir keluar sehingga muatan dalam sel menjadi lebih negative kembali kearah potensial membrane istirahat
Hukum Semua / tidak sama sekali (all-or-None)
Setiap syaraf memiliki ambang minimal untuk dpt terangsang. Peningkatan rangsang melebihi ambang tidak menybabkan syaraf terangsang lebih kuat.

Konduksi Saltatori
Hantaran berloncat-loncat pada syaraf yg bermyelin. Hantaran listrik meloncat dari satu nodus kenodus berikutnya shg lebih cepat dibandingkan dengan serat yg tak bermyelin
SINAPS
Sinaps adalah persambungan antar neurons. Terdapat macam2 jenis sinaps, diantaranya adalah sinaps listrik dan sinaps kimia. Secara anatomis dapat dibedakan menjadi:
1. Aksodendritik: Akson dengan dendrit
2. Aksosomatik: Akson dengan badan sel
3. Aksoaksonik : akson dengan akson
4. Dendrodendritik: Dendrit dengan dendrite
Sinaps Listrik
Persambungan antara sinaps melalui saluran tipis intraseluler yg disebut dengan conecxons, terjadi di sel2 jantung, otot polos disaluran pencernaan dan di beberapa neurons diretina mata. Lebih sedikit dibandingkan dengan sinaps kimia
Sinaps kimia
Kounikasi antar sel dengan menggunakan media kimia yang disebut dengan neurotransmitter. Neurotransmitter dilepaskan oleh segmen tranmissif pada neuron pre sinaps. Neurotransmitter memiliki kemampuan merubah potensial membrane istirahat pada sel post sinaps. Impuls sampai ke ujung sel presinaps
depolarisasi membrane sel plasma membuka saluran kalsium yang sensitive Vesikel mengeluarkan neurotransmitter melalui aksositosis masuk keruang sinaps
NEUROTRANMITTER
Neurotransmitter merupakn zat kimia yang disintesa oleh sel syaraf, disimpan dalam vesikel sekretorik dan dilepaskan ketika ion kalsium membanjiri vesikel. Efek neurotransmitter thd sel syaraf post sinaps bisa eksitasi atau inhibisi. contoh transmitter diantaranya adalah Asetil kolin, GABA (Gamma-aminobutyric acid),
Glutamat, aspartat, Glycin, Dopamin, Histamin, NE, Seratonin, Somatostatin, Endoprin, Enkephalin, Subtansi P.

OTAK DAN SYARAF KRANIAL
STRUKTUR UMUM OTAK
Secara garis besar otak dapat dibagi kedalam 4 bagian besar yaitu batang otak, serebelum, serebrum, dan diecephalon. Batang otak terdiri atas medulla Oblongata, Pons dan otak tengah. Diecephalon terdiri atas Talamus, Hipotalamus, Epitalamus, dam Subtalamus atau yg disebut juga ventral thalamus. Secara garis visual, pembagian otak dapat dilihat pada gambar berikut:




















MENINGEN
Meningen /lapisan pembungkus otal merupakan bagian terluar dari otak. Meningen memiliki beberapa lapisan yaitu Durameter, Aracnoid dan Piameter.
Durameter merupakan bagian terluar. Durameter merupakan lapisan periostem tulang tenggorok, merupakan lapisan yang kuat, lapisan fibrosa yang mengandung pembuluh darah, yang memberikan nutrisi pd tulang. Lapisan luar dan dalam menempel dengan tengkorak shg tidak ada lapisanepidural antar tulang dg membrane seperti pd spinal. Antara durameter bagian dalam dan aracnoid terdapat rongga subdural dan tidak mengandung Cerebro Spinal Spuid (cairan serebro spinal). Pada beberapa tempat kedua lapisan dalam dan luar membentuk saluran ynag mengandung Pembuluh darah yang disebut dengan Dural sinus dan terdapat darah vena dari pembuluh darah di otak.
Aracnoid merupakan Lapisan tengan dari meningen. Lapisan ini merupakan jaringan ikat, Antara aracnoid dan piameter terdapat seperti jaring2 trabekula dan rongga subaracnoid yg mengandung CSF. Lapisan aracnoid idak mengandung pembuluh darah, tapi pembuluh darah terdapat pada ronga subaracnoid.
Piameter merupakan lapisan yang bersentuhan langsung dengan otak. Sebagian besar suplai darah pada otak disuplai oleh pembuluh2 darah kecil yang banyak pada piameter.


























VENTRIKEL
Ventrikel otak dilapisi oleh epitelkuboid yg disebut epedima. Terdapat kapiler2 yg disebut dg pleksus koroides. Terdapat 4 ventrikel yag diberi nomor dari atas kebawah dari otak yaitu: ventrikel kiri dan kanan pada hemister sebri, ventrikel ketiga pada diecephalon dan ventrikel keempat pada pons dan medulla. Ventrikel lateral dihubungkan dg ventrikel ketiga oleh interventrikular foramen sedangkan ventrikel ketiga nyambung dg ventrikel keempat melewati oleh celah sempit yg disebut serebral aqua duktus di midbral/otak tengah.

























CAIRAN SEREBROSPINAL
Cairan serebrospinal / CSF berperan dalam melindungi otak, menjaga keseimbangan bahan2 kimia susunan syaraf pusat. CSF dientuk dalam pleksus koroides pada ventrikel lateral. Tiga dan empat dg kombinasi proses diffusi dan transport aktif. Pleksus koroid menseleksi komponen darah yang dapat melewati membrannya keventrikel (tidak untuk sel darah merah, protein dg molekul besar). Yang dapat lewat: protein berukuran kecil, O2, CO2, Na, K, Ca, Mg, Cl, gukosa dan seluruh jumlah kecil sel darah putih.
Perjalanan CSF
CSF dibentuk di ventrikel lateral, lalu melalu interventrikuler foramen masuk ke ventrikel III dan melalui Agua Duktus CSF mengalir ke ventrikel IV. Diventrikel IV terdapat 3 buah subaracnoid spaces (sisterna magna) disebelah medulla, aliran berlanjut kespinal lalu kelumbal sisterna. Sebagian besar naik lagi ke otak melalui subaraknoid spaces masuk kevili arachnoid dari sinus sagital superior.
Cerebro Spinal Fluid (CSF)
Vili arachnoid memiliki katup yang sensitive dengan tekanan dg sisitem satu arah. CSF selalui dipengaruhi sekitar dalam sehari.



















NUTRISI OTAK
Sbanyak 20 % O2 dari seluruh kebutuhan tubuh digunakan oleh otak. Kebutuhan O2 tinggi saat otak istirahat. Otak mendapatkan nutrisi hanya dari darah. otak membutuhan O2 dan glukosa setiap saat tetapi otak tidak memeiliki kemampuan untuk menyimpan cadangan.
Dampak kekurangan Nutrisi pada otak
Kekurangan O2 dan glukosa pada otak menyebabkan kerusakan yang lebih cepat dibandingkan pada jaringan lain. Kekurangan dalam beberapa menit dapat menyebabkan kerusakan yang menetap.

BATANG OTAK
Berbatasan dg medulla spinalis dibagian bawah dan diensepalon dibagian atas. Sedikit menyempit saat keluar dari tengkorak melalui foramen magnum untuk bersatu dengan medulla spinalis. Batang otak memiliki fungsi yang sangat penting termasuk traktus yang panjang dari jalur aseden da desenden. Jaringan dari badan sel dan serabutnya dari formation retikularis terdapat disini, yang sangat berperan penting dalam mempertahankan hidup. Seluruh syaraf cranial kecuali olfaktorius dan optikus keluar dari batang otak.
Formatio Retikularis
Terbagi kedalam jalur aseden, jalur desenden dan nervus kranialis. Formatio retikularis terbentang sepanjang batang otak, dengan akson terbentang menuju diencepalon dan medulla spinalis. Memiliki sekitar 30.000 sinaps. Lesi pada formation Retiklaris dikelompokkan sesuai dengan fungsi masing-masing.
Medulla Oblongata
Medulla oblongata merupakan bagian yang vital dalam pengaturan jantung, vasomotor/kontriksi dan dilatasi pembuluh darah dan pusat pernafasan. Medulla oblongata memonitor kadar CO2 yang berperan dalam pengaturan pernafasan, mengatur muntah, bersin, batuk dan menelan. Dibagian ventral terdapat pyramid menyilang (pyramid decussation) sehingga dibawah medulla keadaan motorik tubuh dikontrol oleh bagian yang berlawanan dalam hemisfer serebri.






















PONS
Terletak diatas medulla, pada bagian dorsal terdapat Formtorio Retikularis dan nuclei syaraf cranial jalur aseden dan desende. Dalam Formatio retikularis terdapat pusat apneu dan pneumotorix yang membantu dalam pengaturan pernafasan
Midbrain/mesensepalon
Midbrain terdapat diatas pons. Terdapat pusat refleks yang membantu koordinasi pergerakan bila matadan kepala, membantu pengaturan mekanisme focus pada mata, mengatur responpupil terhadap stimulus cahaya. Terdapat substansi nigra yang berperan dalam pengturan aktivitas motoric somatic.
SEREBELUM
Serebelum berperan dalam fungsi keseimbangan. Secara terus menerus menerima input dari otot, tendon, sendi, dan organ vestibular (keseimbangan) dalam bentuk proprioceptive input (kepekaan terhadap posisi tubuh yang satu dari yang lain). Mengitegrasikan kontraksi otot satu dengan yg lain, mengatur tonus otot.
SEREBRUM
Serebrum merupakan struktur terbesar dan paling rumit dalam system syaraf. Terdapat dua hemisfer yang terdiri dari korteks yang merupakan subtansi abu-abu (gray matter), subtansi putih dan ganglia basalis. Korteks terbagi kedalam 6 lobus: frontalis, pariental, temporal, oksipital, limbic dan insula/lobus sentralis. Korteks serebri merupakan lapisan terluar dari serebrum, terdiri dari subtansi abu-abu. Banyak berperan dalam pengaturan aktivitan kehidupan yang disadari.
Lobus Frontalis
Lobus frontalis merupakan area control motorik terhadap pergerakan yang disadari termasuk yang berkaitan dengan bicara. Aktivitas motorik: Area Broadman 4 (primary motor cortex), area 6 (supplementary and premotor motor cortex), area 8 (pergerakan mata) area 44 (area Brocca untuk bicara). Selain control motorik lobus frontalis juga berperan dalam control ekspresi emosi dan prilaku, moral.
Lobus Parientalis
Lobus parientalis berperan dalam sensasi umum, selera, are 1,2,3 (integrasi sensasi secara umum) 5,6,7,40 (apresiasi terhadap tekstur, berat, mengenali bentuk benda yang dipegang). Area 40 memiliki peran penting dalam body image/gambaran diri. Area 43 (selera dalam hal pengecapan).
Lobus temporalis
Lobus temporalis merupaan pusat pendengaran, keseimbangan, emosi, dan memori. Terdapat area 41,42 yang berperan dalam pegturan keseimbangan, area 39 yang berperan dalam pemahaman terhadap bicara/kata-kata. Bagian anterior lobus ini berperan dalam emosi, halusinasi, memori jangka pendek dari beberapa menit s.d beberapa minggu atau bulan.
Lobus oksipital
Lbu oksipital merupakan pusat penglihatan, pengaturan ekspresi. Terhadap area 17 (area penglihatan utama), area 18,19 mamaknai hasil penglihatan, area 39 memahami bahasa tulisan, area 22 memahami bahasa lisan dan area wernicks (39,22,40).
Insula
Insula berperan dalam pengaturan aktivitas gastrointestinal, dan organ visceral lainnya.
Limbik
Berperan dalam pengaturan emosi, perilaku, memori jangka pendek dan penciuman.
DIENCEPALON
Talamus
Talamus merupakan pust prosesing dan relay semua input sensori kecuali penciuman. Talamus merupakan memiliki 4 area utama yaitu system sensori, system motorik, aktivitas neurofisiologius dan ekspresi emosi, perilaku manusia unik. Talamus berkaitan dengan proses berfikir, kreativitas, interpretasi dan pemahaman bahasa lisan dan tilisan dan mengenali objek dengan cara menyentuh.
Hipotalamus
Hipotalamus terletak dibawah thalamus, berdekatan dengan dengan hipofisis. Hipotalamus mengatur banyak fungsi untuk keseimbangan. Merupakan pusat pengaturan dan koordinasi dari system syaraf otonom, pengaturan suhu, pengaturan keseimbangan cairan dan elektrolit.
Pengaturan pola tidur dan terjaga, berperan dalam pengaturan lapar dan keinginan untuk makan yang dibantu dengan kadar glukosa, lemak dan protein dalam tubuh, respon prilaku berkaitan dengan emosi, Kontrol endokrin juga berperan dalam respon seksual seperti organisme dan respon terhadap stimulus organ seksual.
Epithalamus
Epithalamus terdiri dari 3 bagian : Trigonum habenulae, badan pineal, dan komisura posterior. Trigonum habenulae mengandung serabut syaraf yang berhubungan dengan midbrain, berperan sebagai pusat relay. Badan pineal (epiphysis) berperan seperti kelenjar endokrin (neuroendokrin). Komisura posterior berhubungan dengan midbrain.

Ventral thalamus/subthalamus
Terletak dibagian ventral diencephalons, mengandung nuclei subtalamik.
SYARAF KRANIAL
Terdapat 12 pasang syaraf cranial yaitu:
1. SK I (olfactorius): S, Penciuman
2. SK II (opticus): S, Penglihatan, input refleksi focusing dan konstriksi pupil dilimbik.
3. SK III (Okulomotorius): M, Pergerakan bola mata elevasi alis, konstriksi pupil dan memfokusan lensa.
4. SK IV (trochlearis): M, Pergerakan bola mata ke bawah
5. SK V (Trigeminus):
o VI (Syaraf optalmik): S, input dari kornea, rongga hidung bagian atas, kulit kepala bagian rrontal, dahi, bagian atas, konjungtiva kelenjar air mata.
o V2 (Syaraf maksilari): S, input dari dagu, bibir atas, gigi atas, mukosa rongga hidung,palatum, faring.
o V3 (Syaraf mandibular): S,M, input dari lidah (bukan pengecapan), gigi bawah, kulit dibawah dagu, mengunyah.
6. SK VI (Abdusen): M, Pergerakan mata kelateral
7. SK VII (Fasialis): S,M, Pengecapan, Salivasi, lakrimasi, pergerakan otot wajah
8. SK VIII (Vestibulocochhlearis): Vestibular untuk keseimbangan, cochlearis untuk pendengaran
9. SK IX (Glossofaringeus): S,M, Pengecapan, sensasi lain dari lidah, salvias dan menelan
10. SK X (Vagus): S,M, menelan, monitor kadar oksigen dan karbondioksida darah, tekanan darah, kegiatan organ visceral lain
11. SK XI (Aksesorius): M, produksi suara dilaring, Peergerakan kepala dan bahu, muscle sense
12. SK XII (Hipoglosus): M, pergerakan lidah saat bicara, mengunyah, muscle sense

























































MEDULA SPINALIS DAN SYARAF SPINAL

DASAR ANATOMI MEDULA SPINALIS

Medulla Spinalis merupakan bagian dari susunan syaraf pusat. Terbentang dari foramen magnum sampai dengan L1, di L1 melonjong dan agak melebar yang disebut conus terminalis atau conus medullaris. Terbentang dibawah conu terminalis serabut-serabut bukan syaraf yang disebut disebut filum terpinali yang merupakan jaringan ikat.

MENINGEN SPINAL
Meningen Spinal terdiri atas tiga lapis yaitu: Dura mater, arachonid dan piameter. Duramater yang merupakan lapisan yang kuat, membrane fibrosa, bersatu dengan filum terminalie. Piameter berupa lapisan tipis, kaya pembuluh darah, nyambung dengan medulla spinalis. Rongga antara periosteum dengan durameter disebut dengan epi dural yang merupakan area yang mengandung banyak pembuluh darah dan lemak. Rongga antara duramater dengan rachnoid disebut dengan subdural. Subdural tidak mengandung CSF. Rongga antara arachnoid dan piamater disebut dengan subarachnoid. Pada rongga ini terdapat Cerebro Spinal Fluid, Pembuluh Darah dan akar-akar syaraf.

CAIRAN SEREBRO SPINAL
Cairan serebro spinal merupakan cairan bening hasil ultrafiltrasi dari pembuluh darah dikapiler otak. Cairan ini selalu dipertahankan dalam keadaan seimbangan antara produksi dan reabsorpsi oleh pembuluh darah CSF mengandung air, protein dalamjumlah kecil, oksigen dan karbondioksida, Na, K,Ca, Mg, Cl, glukosa, sel darah putih dalm jumlah kecil, dan material organic lainnya.




























Struktur Interal
Terdapat subtanis abu-abu dan substansi putih. Substansi abu-abu membentuk seperti kupu-kupu dikelilingi bagian luarnya oleh substansi putih. terbagi menjadi bagian kiri dan kanan anterior median fissure san median septum yang disebut dengan posterior median septum.
Keluar dari medulla spinalis merupakan akar ventaral dan dorsal dari syaraf spinal. Substansi abu-abu mengandung badan sel dan dendrit dan neuron efferent, akson tak bermyelin, syaraf sensoris dan motoris dan akson terminal dari neuron. Subtansi abu-abu membentuk seperti huruf H dan terdiri dari tiga bagian yaiti : anterior sebagai autput/efferent, comisura abu-abu untu refleks silang dan subtansi putih merupakan kumpulan serat saraf bermyelin.



















PERAN MEDULA SPINALIS
1. Pusat prosessing data
2. Jalur sensoris
3. Sistem pyramidal dan akstrapiramidal
REFLEKS SPINAL
Reflek merupakan respon bawah sadar terhadap adanya suatu stimulus internal ataupun eksternal untuk mempertahankan keadaan seimbang dari tubuh. Refleks yang melibatkan otot polos, otot jantung atau kelenjar disebut refleks otonom /visceral.
Terjadi gerakan reflek saat terjati stimulus/tusukan
Stimulus diterima reseptor kemudian impuls dibawa medulla spinalis oleh syaraf efferent melalui bagian belakang (dorsal) kemudian dihantarkan impul neuron, stimulus dibagi 2: 1.dihantarkan saraf efferen dibawa ke efektor sehingga terjadi kontraksi otot2 untuk menghindari stimulus, 2. dihantarkan keotak u/dipersepsikan.

























SISTEM SYARAF OTONOM
Sistem syaraf otonom merupakan bagian system syaraf yang mengatur fungsi visceral tubuh. system ini mengatur tekanan arteri, motilitas dan sekresi gastrointestinal, pengosongan kandung kemih, berkeringat, suhu tubuh dan aktivitas lain.
Pleksus
Beberapa syaraf otonom post ganglionik terdistribusi seperti kabel yang bercabang-cabang berjalan sepanjang pembuluh darah di thorak, abdomen dan ronggga pelvis disebut dengan pleksus otonom.
Pleksus Otonom:
- Pleksus kardiak - Pleksus hipogastrik
- Pleksus Pulmonal - Pleksus enteric
- Pleksus celiac/solar/abdomen
























SYARAF SIMPATIS (TORAKOLUMBAL, ADRENERJIK)
Syaraf bermyelin yang keluar dari syaraf spinal torakal 1 sampai dengan lumbal 2 atau 3. Perjalanan syaraf simpatis terlihat pada gambar berikut.


























Neuron-neuron preganglionik dan post ganglilonik simpatis
Setiap saraf simpatis dari medulla, jaringan yang terangsang terdiri dari atas dua neuron yakni neuron preganglionik dan neuron postganglionic
SYARAF PARASIMPATIS (KRANIOSAKRAL, KOLINERJIK)
Serat-serat syarat parasimpatis meninggalkan system syaraf pusat melalui syaraf cranial III,VII,IX,X, syaraf sacral spinal ke 2 dan 3 dan kadangkala syaraf sacral 1 dan 4. sejumlah 75% dari seluruh serat saraf parasimpatis terdapat dalam nervus cranial X.
SIFAT-SIFAT DASAR FUNGSI SIMPATIS DAN PARASIMPATIS
Serat simpatis dan parasimpatis mensekresi salah satu dari neurontransmitter asetilkolin atau norepineprin. Serat yang menskresi asetilkolin disebut serat kolinerjik, serat yang mesekresik norepineprin disebut serat adrenerjik (dari adrnalin=epineprin). Sememua neuron hampir preganglionik simpatis dan parasimpatis bersifat kolinerjik. Hampir semua neuron post ganglionik parasimpatis bersifat kolinerjik dan hampir semua neuron post ganglionik simpatis bersifat adrenerjik. karena itu asetilkolin disebut transmitter parasimpatis dan norepineprin disebut transmitter simpatis.

No comments: